Mulai Dengan Rp 100 Ribu/ Bulan

Mulai Dengan Rp 100 Ribu/ Bulan
  • home
Home » » Saat Saham Turun Reksadana Campuran Bisa Tetap Untung

Saat Saham Turun Reksadana Campuran Bisa Tetap Untung

Instrumen ini merupakan pilihan cerdas bagi investor pemula di pasar modal. Dengan menginvestasikan dana pada Reksadana Campuran investor akan selalu memperoleh keuntungan, walau kondisi pasar saham sedang turun.

Reksadana campuran merupakan produk reksadana dimana dana investor akan diinvestasikan pada saham dan obligasi secara bersamaan. Komposisi investasinya bervariasi ada 50 : 50 atau 70:30 serta 80 : 20 tergantung pada kebijakan yang dikeluarkan oleh Manejer Investasi. Pada produk reksadana campuran Manejer Investasi akan lebih fleksibel mengelola dana nasabah untuk memaksimalkan keuntungan.

Sebagai contoh, ketika waktu pilpres kemarin terlihat dari hasil perhitungan cepat bahwa pasangan Nomor urut 2 akan menang, pasar mulai bergerak naik. Manejer Investasi akan melihat hal ini sebagai suatu sinyal bahwa harga saham akan naik. Selanjutnya Manejer Investasi akan melakukan tindakan terukur dengan menaikkan komposisi investasi saham pada aset reksadana campuran. Ketika KPU mengumumkan secara resmi bahwa pasangan nomor urut 2 sebagai pemenang pilpres bursa saham mengalami kenaikan secara bersamaan dan banyak saham-saham yang menguat secara signifikan. Karena komposisi investasi saham sudah dinaikan sebelumnya oleh Manejer Investasi maka keuntungan reksadana campuran akan bertambah.

Contoh lainnya juga bisa dilihat dari kondisi politik baru-baru ini, dimana UU Pilkada akan direvisi. Rencana sebagian partai politik untuk mengubah UU Pilkada disambut negatif oleh bursa saham. Untuk menghindarkan kerugian akibat potensi harga saham yang akan turun, Manejer Investasi Reksadana Campuran akan mengurangi investasi pada saham. Dan komposisi investasi pada obligasi yang mempunyai imbal hasil yang pasti akan ditingkatkan. Dan setelah revisi UU Pilkada disetujui banyak investor asing menarik dana dari pasar saham Indonesia. Bursa saham mengalami penurunan, beberapa harga saham turun. Karena Manejer Investasi sudah mengurangi komposisi investasi saham sebelumnya maka kerugian akibat jatuhnya harga saham bisa dikurangi.


Hal diatas adalah contoh sederhana bagaimana produk reksadana campuran merupakan investasi yang fleksibel dalam mendatangkan keuntungan. Selain contoh di atas tentu banyak lagi hal-hal lain seperti isu ekonomi global, tingkat hutang suatu negara di dunia, tingkat suku bunga dan sebagainya yang menjadi perhatian Manejer Investasi. Manejer Investasi akan melalukan analisa terhadap hal-hal yang bisa mempengaruhi nilai investasinya. Serta mengambil tindakan yang tepat sehingga imbal hasil investasi reksadana campuran selalu positif. Perlu diketahui, Manejer Investasi terdiri dari tim yang cukup komplit, terdapat tim yang bertugas melakukan analisa terhadap berbagai hal-hal yang akan mempengaruhi nilai investasi.

Investor perorangan bisa saja melakukan investasi seperti yang dilakukan suatu perusahaan manejer investasi. Tetapi investor perorangan memiliki keterbatasan, khususnya pengetahuan analisa yang dalam, akses informasi dan waktu. Atau  walaupun investor perorangan sudah memiliki pengetahuan yang cukup serta bisa mendapatkan akses informasi yang memadai, namun tetap saja investor perorangan akan kesulitan dari segi waktu. Investor perorangan tidak bisa memonitor setiap saat instrumen investasi seperti yang dilakuka oleh perusahaan Manejer Investasi.

Dan bagi investor yang ingin memulai investasi di pasar modal, dan ingin menikmati keuntungan dari naiknya harga saham bisa memilih instrumen reksadana campuran sebagai aset investasinya.

Selamat Berinvestasi


Statistic Pengunjung