Mulai Dengan Rp 100 Ribu/ Bulan

Mulai Dengan Rp 100 Ribu/ Bulan
  • home
Home » , » Melindungi Nilai Aset Di Reksadana Pasar Uang

Melindungi Nilai Aset Di Reksadana Pasar Uang

Sebelum berinvestasi di Reksadana Pasar Uang investor perlu mengenal apa itu Reksadana Pasar Uang. Pada produk reksadana ini Manjer Investasi menginvestasikan dana kelolaan seluruhnya pada instrumen pasar uang, seperti deposito berjangka, Sertifkat Bank Indonesia (SBI), obligasi/ surat hutang lainnya yang akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun.

Karena diinvestasikan pada instrumen pasar uang yang jatuh tempo dalam satu tahun makan durasi investasi untuk Reksadana ini adalah maksimal 1 tahun.

Dimanakah letak keuntungan dari Reksadana Pasar Uang ?. Surat hutang atau deposito berjangka imbal hasilnya berdasarkan nilai BI Rate pada tahun surat hutang atau deposito tersebut dikeluarkan. Biasanya BI Rate berubah setiap tahunnya atau cendrung tetap tergantung nilai inflasi dan kondisi ekonomi. Jika BI Rate naik pada tahun berikutnya tentu imbal hasil imbal hasil deposito atau surat juga ikut naik ketika jatuh tempo.


Selain itu, dalam pasar modal surat hutang adalah "barang dagangan". Tidak semua surat hutang bisa diuangkan dengan cepat tergantung lama perjanjian yang disepakati sebelumnya. Surat hutang yang akan jatuh tempo dalam satu tahun adalah seperti makanan yang siap disantap, artinya bisa diuangkan dengan cepat. Perusahaan-perusahaan  atau korporasi yang memerlukan dana tunai biasanya banyak mencari surat hutang ini. Sesuai dengan hukum ekonomi jika permintaan naik maka harga akan naik.

Imbal hasil dari Reksadana Pasar Uang tidak begitu tinggi dibandingkan dengan Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Campuran atau Reksadana Saham. Biasanya sekitar 6%, namun cukup lebih tinggi dari rata-rata imbal hasil deposito yang 5% per tahun setelah dipotong pajak (reksadana tidak dikenai pajak).

Karena marginnya yang kecil Reksadana Pasar Uang sering digunakan untuk investasi jangka pendek atau maksimal satu tahun. Banyak investor hanya ingin melindungi nilai aset di Reksadana Pasar Uang

Selamat Berinvestasi

Statistic Pengunjung