Mulai Dengan Rp 100 Ribu/ Bulan

Mulai Dengan Rp 100 Ribu/ Bulan
  • home
Home » » Beli Reksadana Online Dengan Mudah

Beli Reksadana Online Dengan Mudah

Sekarang transaksi reksadana menjadi lebih mudah. Banyak perusahaan investasi memberikan fasilitas transaksi online. Dengan fasilitas online nasabah bisa membeli atau menjual aset investasinya kapan saja dan dimana saja. Dan tidak perlu repot harus menyerahkan setiap bukti transaksi secara manual seperti reksadana konvensional.

Hal ini memang salah satu strategi dari Manejer Investasi untuk menggaet nasabah ritel. Diharapkan dengan kemudahan fasilitas online semakin banyak nasabah ritel atau perorangan yang berinvestasi di reksadana.

Cara membeli dan mendapatkan fasilitas reksadana online sangat mudah. Pertama tentukan Manejer Investasi yang akan di pilih. Contoh manejer investasi yang terdaftar adalah PT Danareksa Investment Management, PT Panin Asset Management, PT AAA Asset Management,  PT Bahana TCW Investment Management, dll. Nasabah bisa membuka website atau situs perusahaan tersebut di internet. Masuklah ke bagian pendaftaran nasabah baru dan isi formulir pendaftaran. Biasanya setelah dilengkapi formulir harus di download dan dicetak. Hard copy formulir dan lampiran (seperti KTP, bukti identitas ,dll) harus di bawa ketika proses verifikasi ke kantor/ cabang perusahaan Manejer Investasi.

Boleh dikatakan calon investor atau nasabah harus mengikuti dua proses untuk membuka rekening investasi reksadana. Pertama mendaftar secara online kemudian menyerahkan formulir dari pendaftaran online ke petugas di kantor Manejer Investasi. Proses yang kedua harus dilakukan karena sesuai dengan aturan Bank Indonesia (BI) dan OJK, bahwa sebelum membuka rekening investasi  pihak manejer investasi harus bertatap muka  dengan calon investor atau nasabah untuk verifikasi data. Kedepannya aturan yang kedua ini akan direvisi menjadi lebih mudah.

Pada waktu verifikasi data di kantor manejer investasi, nasabah akan diberi penjelasan tentang tata cara transaksi online pembelian dan penjualan kembali produk reksadana. Dan nasabah akan mendapatkan username dan password untuk bertransaksi secara online di website atau situs manejer investasi. Akun online nasabah akan aktif setelah 2 -3 hari setelah pendaftaran. Selain username dan password transaksi online, nasabah juga akan dibuatkan rekening virtual atas nama sendiri pada Bank Kustodian. Rekening ini nanti yang berfungsi sebagai penampung dana yang disetorkan nasabah untuk pembelian produk reksadana. Penjelasan tentang bank kustodian bisa dilihat di sini.

Setelah akun online aktif investor atau nasabah bisa bertransaksi sendiri. Investor bisa memerintahkan pembelian atau penjualan produk reksadana dengan masuk ke situs manejer investasi. Setelah menentukan jumlah pembelian, investor akan diinfokan lewat email tentang nomor rekening virtual di Bank Kustodian untuk produk reksadana yang dibeli. Selanjutnya investor bisa mentransfer dana pembelian ke rekening virtual ( Bisa dengan via ATM, internet banking, mobile banking atau manual di Bank). Untuk diketahui rekening virtual adalah atas nama investor, sebagai contoh pada PT Danareksa Investment Management setiap produk reksadana yang berbeda memiliki nomor rekening virtual yang berbeda. Jika investor membeli tiga jenis produk reksadana maka investor akan memiliki tiga rekening virtual atas nama sendiri pada Bank Kustodian.

Selamat Berinvestasi

Statistic Pengunjung